Berita / Akademik /
Prodi Teknik Geodesi ITP Perkuat Kemitraan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran yang Kolaboratif dan Partisipatif Melalui Kerangka MBKM
Humas | 05 Juli 2023
Foto : Dwi Arini, M.T.

Dalam rangka peningkatan akses dan kualitas pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif Institut Teknologi Padang (ITP) menjalankan misi strategis dalam serangkaian kunjungan pengembangan kemitraan. Kunjungan kemitraan ini dilaksanakan oleh Program Studi (Prodi) Teknik Geodesi ITP sebagai bentuk implementasi  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta perguruan tinggi yang unggul, mandiri, dan berbudaya.


PT. Sampulu Adijaya Prakarsa

Delegasi yang berangkat dalam kunjungan pengembangan kemitraan ini terdiri dari Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, M.T., dan salah seorang dosen Teknik Geodesi, Fajrin, M.Si yang juga menjabat sebagai Direktur Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Teknik Geodesi ITP.


PT. Jaya Survey Indonesia

Kunjungan dilaksanakan ke lima mitra yang terdiri dari satu perguruan tinggi dan empat Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kunjungan dimulai pada tanggal 19 Juni 2023 dengan mengunjungi PT. Sampulu Adijaya Prakarsa dan PT. Jaya Survey Indonesia. Kemudian delegasi melakukan kunjungan ke PT. Waindo Specterra dan PT. Webgis Indonesia pada tanggal 20 Juni 2023, terakhir delegasi melakukan kunjungan ke Prodi Teknik Geodesi Sarjana Fakultas Teknik Universitas Pakuan Bogor Pada tanggal 21 Juni 2023.


PT. Waindo Specterra

Selama kunjungan, Prodi Teknik Geodesi ITP menjelaskan topik dan area kerja sama meliputi kegiatan magang mahasiswa dan menghimpun informasi dari DUDI terkait standar profil lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan dunia industri pada era digitalisasi ini. Menurutnya program MBKM dapat menjadi akselerator dan katalisator dalam proses kolaborasi.


PT. Webgis Indonesia

“Selanjutnya berdasarkan hasil diskusi bersama Prodi Teknik Geodesi Sarjana Fakultas Teknik Universitas Pakuan Bogor dan beberapa DUDI yang telah kami kunjungi, telah mencapai beberapa kesepakatan yang dapat ditindaklanjuti setelah kunjungan ini. Diantaranya, peningkatan kegiatan Exchange MBKM, fasilitasi Kegiatan magang untuk mahasiswa, dan rencana penyelenggaraan FGD bersama mitra dalam rangka pengembangan kurikulum yang selaras dengan industri ,” jelas Ka. Prodi Teknik Geodesi, Selasa (04/07).


Diskusi pengembangan kurikulum dengan Prodi Teknik Geodesi Sarjana Fakultas Teknik Universitas Pakuan Bogor 

Ia menjelaskan pengembangan kemitraan ini juga merupakan langkah inovasi dari Prodi Teknik Geodesi ITP dalam membangun penyelenggaraan pendidikan yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakatnya. Ia menambahkan  sinergitas antara perguruan tinggi dan DUDI dapat mewujudkan lulusan pendidikan tinggi yang inovatif, produkti, adaptif, dan kompetitif di dunia global.

Melalui kunjungan ini, Ka. Prodi Teknik Geodesi berharap dapat terjalin sinergi yang lebih kuat dengan industri dan perguruan tinggi lain mulai dari kerja sama pendidikan, magang, kerja praktek, tugas akhir mahasiswa, eksekutif training, join research, dll. Ia menambahkan harapannya agar kemitraan yang terjalin ini dapat terjaga dengan baik, sehingga dapat menyelenggarakan Kegiatan-kegiatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.


 Prodi Teknik Geodesi Sarjana Fakultas Teknik Universitas Pakuan Bogor 

“Harapannya semoga dalam waktu dekat kegiatan seperti magang industri dan Focus Group Discussion (FGD) yang telah dirancang dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi seluruh pihak yang terlibat. Hal ini bertujuan untuk menyelenggarakan program persiapan karir yang komprehensif dalam mempersiapkan generasi terbaik Indonesia, “ harapnya.

Sebagai penutup kunjungan, delegasi Prodi Teknik Geodesi ITP berkesempatan bertemu dengan Ikatas Surveyor Indonesia (ISI). Dalam pertemuan ini delegasi disambut hangat oleh pengurus ISI dan berdiskusi terkait peningkatan kompetensi mahasiswa dibidang geospasial dalam hal sertifikat keahlian yang relevan dengan kebutuhan dunia industri.

 

Created By Widia/Humas