Berita / Akademik /
Dukung Akselerasi Program MBKM, ITP Raih Prestasi Gemilang dalam Anugerah LLDikti Wilayah X 2024
Humas | 13 Agustus 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendukung implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Institut Teknologi Padang terus berupaya menyumbangkan sejumlah prestasi gemilang. Hal ini terbukti dengan diraihnya empat penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah LLDikti Wilayah X 2024 yang digelar oleh LLDikti Wilayah X, pada Rabu (07/08) dan Kamis (08/08) malam bertempat di Swiss-Belhotel Jambi.

Empat penghargaan yang berhasil diraih ITP terdiri dari Humas PTS Terbaik Tahun 2023, Keterbukaan Informasi Publik PTS Sumatera Barat Terbaik Tahun 2023, Pelaporan PDDIKTI Terbaik Kategori Institut, serta Pelaporan Capaian IKU PTS Terbaik yakni IKU 6 : Kemitraan Program Studi.

Dalam acara coffee morning yang digelar pada Selasa (13/08), Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, IPM mengaku sangat bangga dan mengucapkan selamat atas berbagai prestasi yang telah diraih ITP dalam Ajang Anugerah LLDikti Wilayah X 2024.


“Harapannya prestasi yang telah diraih ITP ini bisa menjadi semangat dan motivasi bagi sivitas akademika ITP dalam memberikan pelayanan terbaik untuk capaian target kinerja ke depan. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika ITP yang senantiasa berkolaborasi secara sinergis untuk mendukung capaian kinerja ITP sejauh ini hingga mampu menorehkan prestasi yang membanggakan ,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan pencapaian prestasi ini merupakan hasil dari perjalanan panjang baik dalam pengelolaan kehumasan,  peningkatan implementasi Keterbukaan Informasi Publik, dan kontribusi aktif dalam pelaporan PDDikti. Prestasi ini merupakan buah dari tata kelola perguruan tinggi yang inovatif, kolaboratif, dan adaptif dengan perkembangan zaman.

Sementara itu, Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D menjelaskan saat ini ITP merupakan peringkat pertama dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), tak hanya itu ITP juga masuk dalam jajaran lima besar perguruan tinggi yang aktif menyelenggarakan riset di lingkungan LLDikti Wilayah X.

Hal ini semakin diperkuat dengan ITP yang senantiasa berhasil meraih hibah pendanaan riset yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek Dikti RI. Pada Tahun 2024 ITP berhasil meraih beberapa hibah pendanaan, yakni Hibah Penelitian DIKTI 2024, Hibah Pengabdian Masyarakat 2024, hibah Pendanaan Program Bantuan Biaya Luaran Prototipe 2024, serta Hibah Matching Fund.

Saat ditemui dalam kesempatan berbeda, Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng mengungkapkan ITP secara berkala melakukan evaluasi dan inovasi dengan menyediakan media sosial yang sesuai segmentasi pasar. Selain itu, dalam pengelolaan konten ITP terus berupaya memperkaya konten yang sesuai dengan standar kualitas Kemendikbudristek Dikti RI.

Disisi lain, Kepala Biro Pusat Layanan Terpadu BLT ITP, Hamdi Habdillah, M.Kom memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat baik itu dosen, tenaga pendidik, terkhusus bagian BAK yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam pelaporan PDDikti ITP.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ITP melakukan pengelolaan pelaporan data dengan baik sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu di Indonesia. Selain itu, pelaporan PDDikti yang baik juga akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan ITP, dan berdampak bagi mahasiswa juga dosen.

 

Created By Widia/Humas