Berita / Akademik /
Dukung Implementasi MBKM, Prodi Teknik Geodesi ITP Gandeng Lima Mitra Strategis Bangun Pendidikan Berbasis Industri
Humas | 09 Agustus 2024
Foto : Tim PKKM Teknik Geodesi ITP

Institut Teknologi Padang melalui Program Studi Teknik Geodesi Sarjana terus bersemangat dalam menggelorakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu strategi Prodi Teknik Geodesi ITP dalam implementasi program MBKM, adalah dengan aktif membangun kemitraan strategis dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sebagai upaya meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan.


Dalam semangat membangun kolaborasi yang efektif dengan mitra-mitra DUDI, Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, S.T., M.T., bersama dengan Direktur PKKM Teknik Geodesi ITP, Fajrin, M.Si., dan Direktur Akademik PKKM Teknik Geodesi ITP, Dwi Marsiska Driptufany, S.Pd, M.Si mengunjungi lima mitra DUDI mulai dari 05 Agustus hingga 07 Agustus 2024.


Kegiatan pengembangan kemitraan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PKKM Tahun Kedua Prodi Teknik Geodesi ITP ini, diawali dengan mengunjungi PT. Mitra Tech Indonesia yang berlokasi di daerah Jakarta Selatan pada tanggal 05 Agustus 2024.




Ketua Prodi Teknik Geodesi menyebutkan dalam sesi diskusi, delegasi Prodi Teknik Geodesi ITP mengeksplorasi program-program potensial sebagai realisasi kegiatan PKKM. Menurutnya banyak kolaborasi potensial yang bisa dieksplorasi dalam rangka implementasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


“Perluasan kemitraan saat ini berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa dan dosen. Dimana melalui perluasan kerja sama ini dapat memfasilitasi program magang industri mahasiswa, di beberapa perusahaan yang telah menjadi mitra DUDI ITP ,” ujar ia.


Lebih lanjut, ia menuturkan Mitra DUDI telah mengukuhkan komitmen untuk membangun kolaborasi strategis dengan Prodi Teknik Geodesi ITP dalam program magang industri di perusahaan mereka. Kemitraan ini hadir untuk mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi yang bertujuan untuk mendukung program MBKM.




Rangkaian kunjungan kemitraan dilanjutkan pada tanggal 06 Agustus 2024, dimana delegasi Prodi Teknik Geodesi ITP mengunjungi PT. Tambang Indonesia Merdeka (Mining +). Selain memperkuat kolaborasi, agenda kunjungan adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS).


Ruang lingkup dari perjanjian kerja sama ini meliputi kegiatan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, kesediaan dosen praktisi, narasumber dalam kegiatan akademik, dan pemanfaatan Sumber Daya (Resources). Delegasi mendiskusikan dan mengidentifikasi potensi program pengembangan lebih lanjut.




Pada hari yang sama, delegasi melanjutkan kunjungan kemitraan ke PT. Rifaya Geo Teknologi, dalam sesi diskusi Prodi Teknik Geodesi ITP dan PT. Rifaya Geo Teknologi sepakat untuk membangun kemitraan strategis yang komprehensif. Fokus diskusi ini adalah pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa serta dalam kegiatan MBKM.


Kunjungan kemitraan dilanjutkan pada tanggal 07 Agustus 2024, delegasi Prodi Teknik Geodesi bertemu dan mendiskusikan kolaborasi potensial dengan PT. Geotronix Pratama Indonesia.




Perusahaan swasta ini bergerak di bidang penyedia teknologi survey dengan bisnis utama dalam bidang penjualan dan penyewaan perangkat lunak dan perangkat keras, dukungan personel surveyor, solusi sistem terintegrasi, dan dukungan teknis kepada berbagai pengguna dari beragam sektor industri.


Eksplorasi dan penguatan kolaborasi dilanjutkan dengan kunjungan ke PT.ASABA, diskusi spesifik dan efektif antara pihak PT.ASABA dan delegasi Prodi Teknik Geodesi ITP menghasilkan beberapa poin tindak lanjut, seperti program magang industri mahasiswa, bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi, serta beragam kegiatan akademik lainnya.



Delegasi Prodi Teknik Geodesi ITP  berharap dengan adanya kolaborasi strategis yang komprehensif dengan PT. ASABA dapat menjadi wadah pengembangan ekosistem pembelajaran dan meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagai salah satu instrumen tolak ukur dalam pengimplementasian program MBKM.


Created By Widia/Humas