Berita / Akademik /
Optimasi Budaya Kolaborasi, Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik ITP Gandeng PT. Frogs Indonesia Wujudkan Ekosistem Reka Cipta Kampus Merdeka
Humas | 18 Juli 2023
Foto : Asnal Effendi, S.T.,M.T.

Guna mempersiapkan tenaga kerja yang yang berdaya saing, terampil, bermutu, dan relevan dengan tuntutan dunia kerja yang selaras dengan perkembangan era digitalisasi saat , kolaborasi pendidikan dengan industri kerja sangat diperlukan. Oleh karena itu, pemerintah secara aktif mendorong keterlibatan dunia usaha dan dunia industri  (DUDI) untuk turut mendukung dan mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam proyeksi revitalisasi vokasi.

Selaras dengan komitmen Institut Teknologi Padang (ITP) untuk melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki semangat kemandirian, inovatif, kompetitif dan solutif bagi masyarakat, maka melalui program Matching Fund Tahun 2023 Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik Sarjana Terapan (TRIL Str) ITP mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan magang industri.  Sebanyak 4 orang mahasiswa yang berasal dari angkatan 2020 dan angkatan 2021 Prodi TRIL STr ITP dan 1 orang mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro Sarjana dikirim ke mitra industri PT. Inovasi Solusi Transportasi Indonesia atau PT. Frogs Indonesia.

Ketua Prodi TRIL STr ITP, Asnal Effendi, S.T.,M.T. menjelaskan keberangkatan mahasiswa dalam magang industri ini merupakan bagian dari program Matching Fund Tahun 2023, dimana program ini merupakan hibah pendanaan dari kemdikbudristek RI terhadap dana atau sumber daya yang telah disediakan oleh pihak mitra untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi. Program Matching Fund diharapkan akan mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara kampus, DUDI, instansi pemerintah, dan masyarakat.

“Program magang mahasiswa ke PT. Frogs Indonesia ini selain magang mahasiswa juga melakukan penelitian dan pengujian pesawat pada perusahaan tersebut. Riset penelitian yang dilaksanakan pada program Matching Fund Tahun 2023 melalui Kedaireka antara Prodi TRIL STr ITP dengan PT. Frogs Indonesia adalah pengontrolan terbang Hexacopter serta pengambilan Fotogrametri, sehingga hasil penelitian ini dapat berdayaguna untuk kepentingan yang lebih nyata dan mengambil peran dalam menunjang program pemerintah khususnya dibidang survey dan pemetaan wilayah, “ ujar Ka. Prodi TRIL STr ITP, Minggu (16/07).

Ia menyebutkan periode pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa ini berlangsung selama enam bulan dimulai dari tanggal 17 Juli hingga 17 Desember 2023. Pelaksanaan program magang mahasiswa ke PT.Frogs Indonesia ini merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Indikator Kinerja Utama (IKU) poin 2, yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Hal ini memiliki nilai strategis karena melalui program magang mahasiswa ini menjadi bukti adanya penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan perguruan tinggi dengan pihak mitra, sehingga membentuk ekosistem Merdeka Belajar–Kampus Merdeka.

Ka. Prodi TRIL STr ITP menuturkan pemilihan PT. Frogs Indonesia sebagai mitra dalam program Matching Fund Tahun 2023 adalah karena PT. Frogs Indonesia merupakan perusahan manufaktur pesawat terbang cerdas yang telah memiliki banyak pengalaman terkait pengembangan produk pesawat udara cerdas. Pengembangan produk ini telah menghasilkan prototipe pesawat air taxi yang telah mampu menunjukkan performa terbang hover .

“PT. Frogs Indonesia  telah berhasil mengembangkan prototipe pesawat air taxi Frogs Indonesia, Frogs282. Produk ini merupakan satu-satunya produk pesawat air taxi produksi Indonesia yang telah berhasil diterbangkan pada tahun 2020. Hingga saat ini, pengembangan produk pesawat air taxi ini masih terus dilanjutkan bersandingan dengan pengembangan regulasi dan batasan operasi yang masih dibicarakan pemerintah ,” tutur Ka. Prodi TRIL STr ITP.

Terakhir ia menyampaikan harapannya dengan adanya pengalaman magang ke PT. Frogs Indonesia memberikan pengetahuan dan analisa tentang pengembangan dunia pesawat udara cerdas bagi mahasiswa. Selain itu, ia juga berharap adanya kerja sama keberlanjutan terkait pesawat cerdas dan Prodi TRIL STr  dapat membuat atau merakit pesawat cerdas dan menjadi salah satu cabang PT. Frogs Indonesia di Wilayah Sumatera.

Berikut Nama Mahasiswa Peserta Magang Industri ke PT. Frogs Indonesia :

1.    Abdul Karim ( Prodi TRIL STr )

2.    Arifwindi Syahputra ( Prodi TRIL STr )

3.    Gusri Rahmawati ( Prodi TRIL STr )

4.    Rizki Maulana ( Prodi TRIL STr )

5.    Gabriel Hafizh Usman (Teknik Elektro S1)

 

Created By Widia/Humas