Berita / Akademik /
Prodi Tekni Geodesi ITP Gelar Lokakarya Penyusunan Perangkat Pembelajaran Case-Method dan Project-Based Learning (PjBL) Sukseskan Program MBKM
Humas | 29 September 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Program Studi Teknik Geodesi Institut Teknologi Padang mengadakan Lokakarya yang berfokus pada Penyusunan Perangkat Pembelajaran Case-Method dan Project-Based Learning (PjBL). Lokakarya ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Maidiawati, Dr. Eng bertempat di Ruang Sidang Pimpinan ITP pada Senin (25/09) dan dihadiri oleh seluruh dosen Prodi Teknik Geodesi ITP.


Kegiatan lokakarya penyusunan Perangkat Pembelajaran Case-Method dan Project-Based Learning (PjBL) ini menghadirkan narasumber dari Universitas Andalas yakni Ir. Jonrinaldi, S.T., M.T., Ph.D., IPU, ASEAN Eng, ESLog yang merupakan pakar yang telah berpengalaman dalam bidang ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam penyusunan perangkat pembelajaran berbasis PjBL dan Case Method.

“Perangkat Pembelajaran Case-Method dan Project-Based Learning (PjBL) merupakan  konsep krusial yang ditetapkan oleh Kemendikbud Diktiristek RI dan menjadi salah satu parameter pencapaian perguruan tinggi dalam aspek pembelajaran dan kompetensi lulusan ,” ungkap narasumber.


Dalam pemamaparannya, Ir. Jonrinaldi, S.T., M.T., Ph.D., IPU, ASEAN Eng, ESLog menyatakan penyusunan perangkat pembelajaran harus disesuaikan dengan capaian matakuliah dan capaian lulusan, proses asesmen juga disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum berbasis OBE. 

Lokakarya yang dihadiri oleh seluruh dosen Prodi Teknik Geodesi ITP diharapkan dapat memberikan informasi dan tambahan pengetahuan bagi para dosen, yang selanjutnya kedua metode pembelajaran ini dapat diimplementasikan. Hal ini bertujuan untuk memperkaya strategi pembelajaran serta meningkatkan interaksi mahasiswa dalam proses belajar- mengajar.

Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, M.T mengungkapkan penyelenggaraan lokakarya penyusunan Perangkat Pembelajaran Case-Method dan Project-Based Learning merupakan langkah nyata Prodi Teknik Geodesi ITP dalam menunjang pendidikan berkualitas tinggi dan merupakan bagian dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka yang berhasil diraih oleh Prodi Teknik Geodesi ITP Tahun 2023.

Seluruh peserta Lokakarya penyusunan perangkat pembelajaran implementasi Case Method dan Project-Based Learning Prodi Teknik Geodesi ITP sangat antusias dalam mengikuti Lokakarya ini. Mereka berharap pengetahuan dan wawasan baru yang diperoleh dari Lokakarya ini dapat diintegrasikan dengan baik dalam pengajaran mereka, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan relevan bagi mahasiswa.

Case Method adalah model pembelajaran yang bersifat student-centered. Dalam model ini, mahasiswa diarahkan untuk melakukan perumusan atau perencanaan kegiatan dalam rangka menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah. Dengan bantuan dosen sebagai fasilitator, mahasiswa diharapkan menjadi lebih kritis dan kreatif serta mempunyai otonomi atas pembelajaran mereka sendiri.

Lokakarya penyusunan perangkat pembelajaran implementasi Case Method dan Project-Based Learning ini menegaskan komitmen Prodi Teknik Geodesi ITP dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, guna mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin dan inovator di dunia geospasial yang terus berkembang. 

"Harapannya dengan adanya penyelenggarakan Lokakarya penyusunan perangkat pembelajaran implementasi Case Method dan Project-Based Learning ini dapat diimplementasikan dengan baik dan diikuti oleh mahasiswa secara komprehensif, serta memberikan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Sehingga tercapai peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tinggi yang berdaya saing global.

Created By Widia/Humas