Berita / Akademik /
Pelajari Manajemen Proyek, Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung ITP Kuliah Lapangan Ke Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan UNP
Humas | 11 Juli 2023
Foto : Dyla Midya Octavia, M.T.

Mahasiswa bersama dosen Program Studi (Prodi) D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (TRKBG) Institut Teknologi Padang (ITP) mengadakan kuliah lapangan ke Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang pada, Kamis (06/07). Kegiatan kuliah lapangan ini bekerja sama dengan PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk.

Kuliah lapangan ini bertujuan untuk mengembangkan pemikiran dan merangsang kreatifitas mahasiswa melalui penggalian sumber belajar yang ada di objek tersebut. Kuliah lapangan yang dibalut dalam bentuk kunjungan industri ini merupakan bagian pembelajaran dalam mata kuliah manajemen proyek serta mata kuliah estimasi biaya dan penjadwalan proyek.

Kegiatan kuliah lapangan Prodi TRKBG ITP ini diikuti oleh 16 orang mahasiswa yang didampingi oleh satu dosen pengampu, Dyla Midya Octavia, M.T. dan Ketua Prodi TRKBG ITP, Misbah, M.T. Dyla selaku dosen pengampu menjelaskan  kuliah lapangan ini dilaksanakan untuk menunjang dan menambah wawasan mahasiswa guna memperoleh ilmu dan informasi dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi  secara nyata, bukan hanya sekedar mendapatkan teori di kelas.


“Dalam kegiatan kuliah lapangan ini rombongan Prodi TRKBG ITP diterima langsung oleh Project Manajer perwakilan dari PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk, Suharianto, S.T.,M.T. Kita juga disambut dengan hangat dan difasilitasi oleh tim PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk dalam penyelenggaraan kuliah lapangan ini, “ ujar Dyla, Senin (10/07).

Ia menyebutkan rangkaian kuliah lapangan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan penyampaian safety introduction oleh Project Manajer PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk,  terkait keselamatan dan aturan yang harus ditaati di lokasi.  Selanjutnya, mahasiswa melakukan orientasi lapangan yaitu peninjauan langsung ke lokasi proyek bersama tim PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk.

Ia menyebutkan pada kuliah lapangan kali ini mahasiswa dibagi dalam 4 kelompok yang didampingi oleh 4 orang staf PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk, yang terdiri dari Site Manajer, staf Health, Safety, and Environment (HSE) dan staf Quantity Surveying (QS). Selama pelaksanaan tour proyek ini para peserta diwajibkan untuk mengenakan APD lengkap (helm proyek, boots proyek, dan rompi proyek.

Pada kesempatan kali ini mahasiswa sangat beruntung sekali karena dapat melihat langsung pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan yang sedang berjalan. Sehingga mahasiswa dapat melihat gambaran  bagaimana pelaksanaan proyek yang ada dilapangan, baik meliputi teknis maupun  manajemen pelaksanaan sebuah proyek pembangunan berdasarkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh pendamping tim.

Ia menuturkan mahasiswa sangat antusias dalam kegiatan kuliah lapangan ini, hal ini ditunjukkan dengan interaksi dan pertanyaan yang diajukan selama tour proyek. Momentum kuliah lapangan ini merupakan kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menggali informasi dan pengetahuan secara langsung kepada para praktisi yang terkait didalam proyek pembangunan.

“Atas antusiasme yang tinggi dari mahasiswa membuat tim PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk memberikan tambahan waktu, kegiatan yang seharusnya berakhir pada pukul 10.30 WIB, diberi tambahan waktu hingga pukul 11.30. Tim PT. Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk selama tour proyek dengan profesional memberikan informasi dan jawaban yang diajukan oleh mahasiswa kita terkait bagaimana pelaksanaan proyek dan manajemen proyek,” tutur ia.


Terakhir ia menyebutkan harapannya dengan kuliah lapangan ini mahasiswa dapat memperluas wawasan berfikir untuk dapat mampu menganalisa dan memecahkan masalah yang timbul dilapangan serta berguna dalam mewujudkan pola kerja yang akan dihadapi nantinya. Selanjutnya kuliah lapangan ini menjadi motivasi bagi mereka untuk menyelesaikan studi tepat waktu agar bisa berperan serta dalam proyek konstruksi.

 

Created By Widia/Humas