Berita / Akademik /
ITP dan SMKN 6 Padang Jalin Kemitraan Strategis. Wujudkan Transformasi Pendidikan di Era Digital
Humas | 12 Agustus 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Institut Teknologi Padang terus memperkuat langkah dalam bidang akademik dan kontribusi kepada masyarakat, melalui sinergi dengan berbagai institusi pendidikan terkait implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Hal ini dibuktikan melalui seremonial penandatangan naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan SMKN 6 Padang, pada Senin (12/08).

Bertempat di Ruang Pertemuan SMKN 6 Padang, MoU ditandatangani langsung oleh Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, IPM, MoU bersama Kepala Sekolah SMKN 6 Padang, RDS. Deta Mahendra, S.Pd, MM. ITP dan SMKN 6 Padang sepakat menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat.

Rektor ITP mengatakan penandatanganan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas sivitas akademika ITP dan SMKN 6 Padang.  Selain itu, MoU ini diharapkan dapat mempererat hubungan kemitraan dalam hal perluasan kesempatan siswa SMKN 6 Padang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, khususnya di ITP.

Beliau mengungkapkan selaras dengan tagline ITP “Engineer Muda Siap Kerja”, ITP telah berhasil melahirkan talenta-talenta engineer yang kompeten dan profesional melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal ini ditandai dengan banyaknya lulusan ITP yang telah berhasil direkrut pada berbagai sektor industri baik industri nasional  hingga industri multinasional.

“Selaras dengan Program MBKM, ITP terus mengembangkan jejaring kerja sama dengan berbagai institusi baik institusi pendidikan, mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta lembaga pemerintahan. Program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapat pengalaman belajar di luar perguruan tinggi asal ,” jelas ia.


Lebih lanjut beliau menyebutkan berbagai program kolaborasi potensial dapat dilakukan ITP dengan SMKN 6 Padang, mulai dari program visiting lecturer, program kampus mengajar, kerja sama pengembangan sistem informasi, serta program pengabdian masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas sambutan yang luar biasa dalam kunjungan kemitraan ini. Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas wawasan mahasiswa dan siswa di kedua lembaga. Dengan saling mendukung, kami berharap dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik dan berkontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan ,” ujar ia.

Terakhir beliau menegaskan kolaborasi yang baik bukan hanya yang tertuang dalam naskah dokumen kerja sama, tetapi yang paling penting adalah implementasi program yang akan berdampak positif bagi kedua institusi pendidikan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah SMKN 6 Padang menyambut dengan antusias jalinan kerja sama ini. Menurutnya nota kesepahaman antara ITP dan SMKN 6 Padang dilakukan berlandaskan kesepakatan bersama dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan sekolah berbasis kompetensi yang link and match dengan Dunia Usaha/Dunia Industri.

Disamping itu, beliau menyebutkan potensi kerja sama ini dapat meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) kedua belah pihak, dan mendorong peningkatan kinerja kedua belah pihak dalam perannya untuk menyejahterakan dan mencerdaskan masyarakat.

Acara penandatanganan MoU antara ITP dan SMKN 6 Padang turut dihadiri oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs., Kepala Biro PLT ITP, Hamdi Habdillah, M.Kom., Kepala BITKom ITP, Afif Zirwan, M.Kom., Staf Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, serta jajaran pimpinan SMKN 6 Padang.

 

Created By Widia/Humas